amanah dan komitmen

ADIK AJA MENTORING TIAP MINGGU MASA KAKAK MENTORINGNYA BOLONG BOLONG

udah paling jleb baca hablay itu. harusnya minggu lalu itu udah mentoring kaka (menka) ke-3 tapi berhubung kesibukan kaka, jadi menka kelompok saya tuh belum pernah dilaksanakan. dan akhirnya, alhamdulillah sabtu (13/4) menkanya jadi juga biarpun cuma ada saya sama mentornya, Ka Amel. harusnya sih udah masuk materi istiqomah, tapi berhubung materi amanah dan komitmen (harusnya ini dipisah) belum, jadi materi menkanya itu dulu. ini nih hasil menkanya, semoga bermanfaat dan gak sesat ^^

hayoo masih inget ga amanah itu apa? nah yang kepikiran di otak saya waktu itu adalah ketika seseorang dititipi sesuatu kemudian ia bisa menjaga sampai titipan itu diambil kembali maka orang itu amanah. yaa itu hanya sebagian kecilnya saja. lebih dasarnya amanah itu berasal dari iman. IMAN – AMIN – AMANAH. PERCAYA – TERPERCAYA – DIPERCAYA. jadi arti dari amanah itu adalah dipercaya.

terdapat 3 pembagian amanah:

1. kepada Allah

katanya semenjak dalam rahim manusia sudah diberi amanah untuk menjadi muslim. selanjutnya manusia diberi amanah untuk jadi khalifah. dan sesungguhnya hidup kita ini adalah amanah.

2. kepada manusia

amanah ini berhubungan dengan manusia lain, contohnya menjadi pemimpin, menjaga rahasia, dan lain-lain.

3. terhadap diri sendiri

nah ternyata menjaga diri dari bahaya dunia dan akhirat itu termasuk amanah.

satu yang paling kena di hati : AMANAH TIDAK PERNAH SALAH MEMILIH TUAN. jadi jangan sungkan untuk menerima amanah. harus yakin dan ikhlas, ketika amanah maka akan ada kekuatan. namun, bukan berarti kita harus mengambil semua amanah yang ada di depan mata. tetap harus pandai mengukur diri juga, jangan sampai terlalu banyak amanah membuat tidak fokus dan lalai terhadap amanah-amanah tersebut. karena setiap amanah akan ada pertanggungjawabannya. ingat amanah itu bukan kuantitatif, amanah itu kualitatif. tidak peduli jumlah tapi totalitas.

nah selanjutnya tentang komitmen, komitmen ini berkaitan erat dengan ikrar. sama seperti amanah akan diminta pertanggungjawabannya. jujur untuk komitmen saya amat sangat tidak dapat diandalkan ­čśŽ mudah-mudahan ┬ábisa lebih baik.

setelah menka itu jadi inget udah lalai di beberapa amanah, pubdok PKB semester 59, ┬ápemilu periode 31. oh maafkan.┬ádan tiba-tiba Ka Fathur manggil “jadi katim media penutupan 59 ya” . semoga amanah benar-benar tidak salah milih orang. seu~mang~say!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s