Kabar D3 Metrologi Instrumentasi di ITB

udah pada tau dong ya tentang D3 Metrologi Instrumentasi? ini program studi kerja sama Pusat Pengembangan SDM Metrologi ( dulu Balai Diklat Metrologi) Kemendag dengan Fakultas Teknologi Industri ITB. program kerja sama ini berlangsung sejak 2009, sudah ada satu angkatan yang lulus. nah karena awalnya kerja samanya untuk tiga angkatan jadi tahun 2012 tuh ga ada penerimaan mahasiswa baru prodi ini. selanjutnya, tahun 2011 prodi ini ada di USU, ITS, UGM (tahun mulainya saya kurang tau). masih ada yang bingung prodi ini tuh tentang apa kan? ayoo cari tau!

ada kabar baik nih, kemarin (11/4) kata Bu Endang Juliastuti, salah satu dosen kita, setelah ada pertemuan sama Kaprodi D3 Metrologi di perguruan tinggi lain dan perwakilan dari Kemendagnya juga, akan ada kelanjutan dari prodi ini di ITB. jadi rencananya setelah prodi dimulai lagi, perlahan keterlibatan ITB di prodi akan dikurangi sampai prodi ini mandiri. sepenangkap saya sih nantinya bakal ada sekolah tinggi metrologi semacam ada akademi metrologi kaya dulu. uyee ga sabar..

nah, ada kabar juga tadi menjelang magrib dari Bu Gina Safitri, bagian TU D3 Metrologi yang super, katanya Rabu (17/4) Bapak Menteri Perdagangan, Pak Gita Wirjawan, bakal datang ke ITB untuk membahas kelanjutan kerjasama prodi ini sekalian ada Studium Generale. tapi untuk penerimaan mahasiswa baru ini belum jelas dibukanya antara tahun 2013 atau tahun depan lagi. tunggu kabar selanjutnya.

sebelum cerita ini beres swasTA D3 Metrologi dan Instrumentasi 2010 mau minta doanya untuk kelancaran projek akhir. udah mau sidang dan wisudanya setelah Idul Fitri, Agustus atau September mungkin. doakan juga biar masa depan kita cerah ceria πŸ˜€

numpang eksis nih para swasTA kece (kurang 4 orang)

salam metrologi !

Image

Advertisements

58 thoughts on “Kabar D3 Metrologi Instrumentasi di ITB

  1. kak, mohon ijin bertanya. untuk seleksi masuknya itu seperti apa berdasarkan pengalaman kakak, lalu untuk tahun ini kira-kira seperti apa ya, kak? apakah seleksinya hanya tes tertulis? kalau ya tipe soalnya apakah seperti usm itb biasanya? terimakasih. πŸ™‚

    1. dulu seleksi administrasi lanjut tes tulis, mungkin tahun ini juga sama.
      wah saya ga ikut usm itb jadi kurang tau soalnya seperti apa.
      cuma ada beberapa soal mengenai alat ukur

  2. Kak kira-kira materi soalnya kayak gmn? bisa di posting g detailnya gmn, misal materi:
    matematika kayak integral, statistik, diferensial, dll
    terus kalau Fisika kayak dinamika gerak, fluida dll
    kimia bla bla bla gt

  3. maaf ka mau tanya,, untuk persyaratan nilai UN nya kan > 7 . itu permata pelajaran min 7 atau rata2 7 kaa???

  4. kak, intinya waktu tes masuk d3 itu soalnya susah banget atau engga? terus kakak ngisi berapa soal? tolong dong kak, soalnya aku belom dapet kuliahan nih. mohon banget

  5. wah, semangat kaka πŸ™‚ doain kita yang minat banget ke situ yah :))
    kak, pas tes di tahun kaka berapa soal per mata pelajarannya?

  6. Oh, kalau yang masuk D3 MI-nya yang 50 orang di tahun kakak kebanyakan dari SMA ga kak? atau campur ada yang dari SMK/MA juga?

  7. Kak mau nanya kalo buat prospek krjanya gmna ya? untuk lulusan kaka udah brapa org yng udah kerja? kerjanya di mana saja? klo yng krja di sektor migas ada gk ya? trus jadwal kuliahnya lebih banyak sore atw pagi ya? maaf ka banyak2 nanyanya dan makasih..

    1. “masa depan itu tergantung anda” kurang lebih begitu jawaban salah seorang dosen waktu ada yg nanya “nanti kita kerja gimana?”.
      kalo jumlahnya saya lagi males hitung, tapi sudah ada beberapa yg bekerja di perusahaan swasta dan kebanyakan sih lagi nyoba daftar cpns sesuai lah sama bidang pendidikan. biarpun saya belum bekerja tapi ada teman saya yg udah diterima kerja di schlumberger.
      kuliah cenderung padet dari pagi sampe sore apalagi kalo udah mulai ada praktikum, semangat!

  8. kak mau tanya, emang gak ada soal latihan ya di web?kan ada yg pengetahuan umum, itu isinya apa aja?makasih

  9. assalamualaikum, kak.. mau tanya materi yang ada dlm tesnya apa aja ya kak?? trs waktu tes kakak dlu dalam bentuk pg atau ada essay jg kak??

  10. kak apakah lulusan Akmet kemendag akan levih diprioritaskan utk bekerja di Bidang Metrologi milik pemerintah (PNS) ??? kalo dr segi prospek kerja nya gmna kak, kan ini jurusan yg sangat awam bg sebagian orang, apakah mudah lulusan ini bekerja di bidangny???

  11. kak apakah lulusan Akmet kemendag akan lebih diprioritaskan utk bekerja di Bidang Metrologi milik pemerintah (PNS) ??? kalo dr segi prospek kerja nya gmna kak, kan ini jurusan yg sangat awam bg sebagian orang, apakah mudah lulusan ini bekerja dibudangnya???

  12. kak apakah lulusan Akmet kemendag akan lebih diprioritaskan utk bekerja di Bidang Metrologi milik pemerintah (PNS) ??? kalo dr segi prospek kerja nya gmna kak, kan ini jurusan yg sangat awam bg sebagian orang, apakah mudah lulusan ini bekerja dibidangnya??? Sekarang kakak kerja dimana??? Sesuai ga kak sama Metrologi???

  13. Kak lulusan akmet apakah mudah jika daftar PNS di kemendag??? Ada gk perekrutan khusus dr pemerintah utk lulusan akmet???

  14. Kak soal fisikanya kan tentang pengukuran, kalo matematikanya soal UN atau seperti apa? trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s