Papandayan : Swiss Van Java

Malam minggu suram Persib kalah, tiba-tiba indah ada kabar klub Surviva PAS mau naik gunung Papandayan 11-12 Maret 2013. Rencana nonton nyoba alat praktikum metode pengukuran, nonton futsal, semuanya batalkan. Ini pertama kalinya naik gunung, rada ribet juga siap siapnya. Yang berangkat bareng ada 18 orang plus 2 orang nyusul berangkat. Nih tim pendakian ekspedisi Papandayan, Swiss Van Java : ka Silmi, ka Mila, ka Risa, ka Asti, ka Zahroh, ka Idris, ka Adel, ka Ipeh, ka Yana, ka Oom, ka Nurman, ka Aufa, ka Rifqi, ka Sandy, ka Rendy, ka Cakra, ka Abdul, ka Ayam, dan ka Bubu. Kurang satu orang? Pastinya saya kan.
Persiapan
Mau bilang makasih nih buat yang udah memercayakan barang-barangnya saya pake, kaka PAS, Nurdin, Fita, Nina, maaf ada barang yang dikembalikan gak seutuh waktu dipinjem ^^v. selain keperluan dasar, ini nih yang harus disiapkan:
1. Senter perlu banget kalau malam ada di sekitar gunung.
2. Sarung tangan, tangan saya kedinginan gara-gara ga pake.
3. Masker, yang ini bukan masker rasa alpuket atau bengkuang sodara sodara, saran saya sih masker kain rada tebel, masker yang saya pake tipis jadi waktu jalan di sekitar kawah bau belerang masih kerasa.
4.  Alas kaki, yang ini juga perlu diperhatiin, medan super macem-macem sekali teman. Makasih Nina sendal gunungnya oke banget!
5. Jangan lupa berdoa, hati-hati dan semangat!
Selain yang disebut udah pada ngerti lah ya apa yang harus dibawa makanan, minuman, baju ganti (kalau perlu), perlengkapan sholat, perlengkapan mandi (kalau perlu, tapi sikat gigi itu wajib), jaket/pakaian hangat, sleeping bag+matras (penting banget kalau mau kemah disana), euh apa lagi yaa? Pikirlah.
 
Berangkat (11 Maret 2013)
Rencana awalnya kita berangkat dari mesjid Salman ITB jam 4 sore paling telat setengah 5 katanya, tapi apa mau dikata jika pada akhirnya kita berangkat dari Salman jam 7 malem. Gara-gara ngaret ini nih ongkos sewa elf jadi mahal, hadeuh. Jam 10 lebih, elf sampai di Cisurupan-Garut. Dari sini kita ganti kendaraan pake pick-up, ongkos biasanya sih 15rb per orang katanya. Pengalaman ini nih oke banget, langit bagus banget banyak bintangnya udah cocok kalau backsong-nya itu merindu- La Luna. Selain bintang di atas, gak kalah oke bukit bintangnya, lampu-lampu bertebaran. Di jalan ini kita cerita mimpi-mimpi. “tuh lihat bintangnya!”. Jam setengah 12 tibalah kita di pos 1. Nginep di pos ga pake tenda.
 
Naik (12 Maret 2013)
Rencananya lagi kita mau mulai naik subuh, ternyata eh ternyata jam 6 kita baru siap berangkat. Oke capcus cin, ini nih medan tempur kita:
1. Kawah
Jalan dari pos kita langsung disambut medan batu terjal dan berkawah. Jadi jangan lupa maskernya disiapkan.
dokumentasi Kak Risa
 
2.  Hutan Merah
Nama aslinya sih gatau, cuma gara-gara banyak tanaman daun kecil ada merahnya jadi saya sebut hutan merah. Daerah hutan ini banyak di Papandayan, ada yang tau namanya? Cantigi sodara-sodara (googling dulu).

Dokumentasi Kak Idris (?)

 

3. Pondok Salada
Dokumentasi Kak Idris

Sekitar pukul 9 kita sampai di daerah ini, tempatnya datar cocok untuk kemah.  Kita istirahat dulu, masak, makan pagi, menunya superrr sekali.

Dokumentasi Kak Adel
4. Hutan Mati
Kenapa hutan mati? Saya kira sih gara-gara pohonnya tinggal kayu hitam ga pake daun, cantik banget, kontras sama tanah putihnya ( mungkin batuan entah apa namanya), katanya ini tuh ada setelah erupsi Papandayan 2002 (http://www.mediacenterstan.com/2012/12/dari-hutan-mati.html). Jam 10 lanjut lagi jalan.
Dokumentasi Kak Risa
5. Tegal Alun

 

Sebelum sampe sini kita lewat dulu tanjakan mamang, licin harus ekstra hati-hati. Sekitar jam 12 kita sampe di sini, Tegal Alun ini nih yang katanya padang edelweiss luas. Cantik? Lihat aja sendiri.
Dokumentasi Kak Adel
Turun
Setelah istirahat, makan, sholat waktunya para pendekar turun gunung (gak sampe puncak sih). Kalau waktu naik hampir 6 jam, turunnya cukup 2,5 jam. Tragis, jalan turun hujan menemani sepanjang jalan. Uwooo. Waktu naik wajah ceria foto-foto dimana-mana, turunnya wajah suram, kedinginan, kembung, ah derita. Alhamdulillah, setengah 5 sore kita udah sampe di pos 1 lagi. Siap-siap pulang, ada yang mandi, saya sih tahan aja gak mandi selama disana. Airnya dingin banget tapi bening asli dari gunung.
Pulang
Naik pick-up lagi, gak ada langit bagus yang ada pemandangan biru (pick-up ditutup terpal biru gara-gara hujan). Magrib di Cisurupan, lanjut Bandung. Jam 9 malem lebih sampe Salman, jam 10 kurang udah di kosan. Terima kasih Papandayan, luarr biasa! Cangkeul ? Pasti! berasa rontok. Niatnya sih ini gunung pertama dan terakhir, tapi sampai jumpa di gunung berikutnya! 😀
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s